Friday, October 6, 2023

Klik untuk Freebies!

 
Senangnya bisa kembali. Perasaan 'akhirnya mendapat sesuatu untuk dibagikan di blog' itu ternyata nggak berubah dari dulu. Di tengah gempuran kecanggihan dan keberagaman media sosial, saya bersyukur medium ini bertahan dan mudah-mudahan lestari.

Karena postingan ini sudah kamu klik, kamu berhak mendapat freebies (dua item!) yang dimaksud. Namun, biar nggak ujug-ujug sodorin tanpa landasan teori dan latar belakang yang sahih, saya mau cerita dulu kenapa bisa ada freebie-freebie ini dan apa aja yang terjadi selama beberapa bulan SATU TAHUN belakangan haha. Barusan ngintip dulu dan ternyata terakhir posting di sini Oktober lalu.

Ada hubungannya sama gambar Alita-nya UTPNS di atas? Ada. Jadi begini.

Kelas Menulis Fiksi

Akhir bulan Juli kemarin, saya dimintai tolong oleh seorang bestie (sebut saja Eka) untuk mentoring menulis cerita. Kami teman kuliah yang alhamdulillah masih membahas Daniel Henney dan Ok Taecyon sampai sekarang, lalu ketika kami sedang berdiskusi seberapa besar kemungkinan seseorang mendekati kecerdasan dan ketampanan Henry Cavill, tiba-tiba dia bertanya apa saya bisa memberinya kelas nulis sampai dia mendapat semua ilmu dasarnya. Oh, dia juga bilang tokoh utamanya bakal kayak Cavill, tapi kulitnya lebih gelap karena anak pantai (penting). Intinya dia tergerak untuk menulis romance karena terinspirasi salah satu cerita nyata, tapi bingung mau mulai dari mana.

Kami sepakat mengisi Agustus berikutnya dengan enam pertemuan yang membahas mulai dari niat, trope, tokoh, struktur alur, latar, sudut pandang, premis, dan sinopsis. Semuanya tahap pengenalan, dan tiap pertemuannya saya membagikan salindia materi plus template untuk diisi. Berhubung bestie sendiri, saya menyesuaikan kontennya berdasarkan kepribadiannya (contoh: mengambil tokoh Din Djarin aka Daddy Pedro Pascal sebagai bahan diskusi) dan walau beberapa pertemuan saya masih merasa kurang maksimal akibat gugup atau semacamnya, I had fun! Mungkin karena antusiasme sang bestie, kesungguhannya mengikuti semua yang kami bahas, and her overall presence. Pokoknya saya bersyukur sekali bisa mengambil kesempatan ini meski belum punya pengalaman menge-les nulis sebelumnya. Buat bestie-ku, terima kasih untuk segalanya, ya! Kebaikan banyak-banyak untukmu ♥️

Tebak salindia ini masuk ke topik apa

Di pertemuan keenam, saya memberi bonus satu template untuk menentukan judul cerita. Inilah freebies pertama yang akan saya bagikan! Walau contohnya untuk novel romance, intinya tetap bisa digunakan untuk judul genre lain. Semoga membantu, bermanfaat, dan jangan sungkan jika ada yang mau ditanya atau dikoreksi, ya. Tinggalkan komentar di sini aja atau jb-jb di X (twitter) atau DM IG @inziati.


Panduan menggunakan template judul:

• Tidak semuanya harus diisi. Jika bisa, boleh penuhi semua agar dapat lebih banyak pilihan, sehingga lebih mudah memilih mana yang terbaik. Tuangkan sekreatif-kreatifnya.

• Untuk Identitas Buku, idealnya pilih yang %-nya paling banyak untuk di-Styling. Namun, semisal ujungnya justru kurang sreg atau jadi mirip judul yang sudah ada atau apa pun, silakan ambil yang menurut kata hati paling pas. Nggak perlu terlalu terpaku pada data hehe.

• 'Unik' dalam persentase di Identitas Cerita berarti jarang ditemui di novel ber-genre sejenis, dan 'Penting' berarti seberapa berpengaruhnya unsur itu dalam cerita. Nanti bisa saja yang menjadi judul adalah yang tidak begitu penting tetapi unik, atau sering ditemui tapi sangat penting, atau dua-duanya.

Freebie #1

Selamat menemukan judul terbaik!

My Drawing Journey

Kalau nggak salah, saya terakhir ngomongin tentang gambar yang cukup panjang dan personal itu di blog, jadi rasanya saya punya 'kewajiban' pada diri saya di masa depan untuk update haha. Kalau kamu cukup peduli juga (geer), terima kasih. Atau kalau cuma mau tahu freebie keduanya apa juga tidak masalah. Peace love and gaul, everyone.

Saya balik gegambaran lagi tahun ini dan itu dimulai dari kembalinya saya ke fandom NERAKA bernama TENIPURI—Prince of Tennis, Tenisu no Oujisama, Tezuka zone versus dinosaurs, whatever it is called. Oke, secara teknis jelas bukan neraka kecuali kalau udah match berdarah-darah (hampir buta karena tenis emang cuma ada di komik itu), tapi sungguh saya sebel banget karena I thought I'd escaped?!?!? Terus tahu-tahu kangen, gimana ya nasib anak-anak Rikkai habis dari U-17 camp, apa Akaya udah nggak emosian lagi, apa Yukimura udah sembuh, apa di piala dunia Niou nggak dikatain fraud lagi, dan apa beneran penghuni kamar 205 bakal jadi kapten tahun depan? Saya berhenti di New PoT sebelum arc Genius 10 dan seiring saya setop nulis FF-nya, saya setop ngikutin.

Setelah kembali, TERNYATA banyak banget resource tentang Tenipuri yang bisa saya konsumsi lagi 😭 Konomi Takeshi-sensei pun malah main twitter. Dan saya jadi tahu tentang adaptasi drama China-nya yang berjudul Fen Dou Ba Shao Nian/Match! Tennis Juniors. Kayaknya itu drachin terbagus yang pernah saya tonton 😭😭😭 Tentunya itu subjektif karena saya juga nonton drachin ada kali kurang dari lima judul. Pokoknya, I'm well fed.

Dari situlah saya bikin fanart tokoh Tenipuri yang saya suka, kemudian ilustrasi original dari cerita sendiri seperti Alita di atas, kemudian alhamdulillah dapat commission dari teman, kemudian...

Gambar comeback di April 2023

Gambar paling baru (Oktober 2023)

Secara perkembangan, jujur aja, nggak banyak hehe. Saya lebih terkejut sama kenyataan bahwa tahapan yang saya lalui dengan menulis ternyata tidak saya lalui di perjalanan gegambaran ini. Pokoknya belajar, tujuan, dan yang saya ingin nikmati dari menggambar kali ini berbeda dengan menulis ataupun menggambar sepuluh-tiga belas tahun yang lalu. I had fun. Maybe I'll have fun again. Dan ini salah satu hasil bersenang-senang saya, yaitu freebie selanjutnya: coloring lineart!


Berhubung bulan ini di belahan dunia subtropis atas lagi usum-nya sweater weather aesthetic, saya terinspirasi membuat ilustrasi ini. Ini juga kali pertama bikin lineart yang dibagikan hehe, jadi mohon maaf kalau belum rapi banget, ya. Warnainnya bisa pakai software/aplikasi corat-coret kesayanganmu kalau mau digital, atau dicetak kalau mau manual. Namun saran saya lebih cocok buat digital, karena memakai dimensi IG Story (1080 x 1920 piksel).

Sama dengan template judul, kalau ada pertanyaan atau malah tiba-tiba "Ah, pengin diganti dikit, deh." silakan aja asal tetap mencantumkan kredit. Semoga suka dan bisa ikut relaxing bersama warna-warni musim gugur atau musim kesukaanmu 🍁🍄☕ Oh ya, nama OC-nya Ravena! Salam kenal!

Freebie #2

Happy coloring in your way 💖

It's been good to write a blogpost again, as I've said. Terima kasih kunjungannya. See ya!

No comments:

Post a Comment