Friday, October 28, 2022

Desain Kover Wattpad (Lagi)


Alkisah, pada suatu malam, saya kebangun dan nggak bisa tidur lagi.

Alhasil, saya bebikinan kover premade.

Tamat. Nggak ding, hehe.

Sebetulnya, kalau nggak bisa tidur, biasanya saya akan mencoba tidur lagi. Atau minimal main HP (jangan dicontoh ya, harusnya tahajud). Tapi, saat itu saya baru saja dapat email dari panitia Wattys bahwa cerita saya di Wattpad, Memoriografi, masuk Daftar Pendek The Watty Awards 2022. Jadi bisa dibilang mendesain kover-kover ini merupakan reaksi saya setelah mendapat kabar itu.

Ya. Ada yang berseru girang, ada yang terharu, dan ada yang setelah berdoa malah ngulik Photoshop buat bikin enam kover Wattpad yang belum tahu bakal dipakai buat apa dan siapa. Sangat normal.

(Saya juga yakin pasti ada yang seperti saya ini, misalnya tahu-tahu mencuci piring atau memangkas rumput setelah tahu ceritanya jadi finalis Wattys)

Awalnya saya bikin tiga kover pertama kalau nggak salah dari jam satu-setengah dua pagi sampai jam lima. Lalu saya berkegiatan seperti biasa, dan dilanjut di pagi harinya untuk membuat tiga sisanya. Inspirasinya... saya juga kurang paham kenapa bisa segitu in zone dan get in the flow saat itu. Satu-satunya penjelasan masuk akal hanya anugerah Tuhan, salah satunya lewat koleksi Public Domain di situs stok grafis langganan saya (langganan yang tak berlangganan maksudnya, haha). Sembilan puluh persen grafis yang saya pakai di kover-kover itu berlisensi CC0!

Saya tahu seseru itu menyelam di koleksi Public Domain, tapi baru kali ini saya menemukan yang tak terduga, kayak ternyata ada juga art zaman dulu yang feel-nya modern atau vintage dalam takaran yang tepat! Seperti keranjang bunga di kover tengah atas yang merupakan litograf karya Leopoldine Kolbe dari koleksi "Basket of Flowers", atau stroberi di latar kover kiri atas yang saya susun sendiri polanya dan diambil dari gambar Louis Charles Christoper Krieger. Cuma di bawah tengah yang nggak pakai grafis, hanya font dan brush. Warnanya juga nggak begitu saya ubah selain di-desaturate.

Setelah semuanya jadi, saya duduk dan memandangi keenam kover ini. Hm, beragam juga. Bisa buat berbagai macam genre. Saya juga suka bisa bermain tata letak di sini. Kemudian, saya berpikir.

Mau diapain kover-kover ini?

Saya ingat beberapa sender menfess di Twitter base Wattpad yang murah hati memberikan kover desainnya atau menjualnya dengan harga sangat murah. Oke, saya bisa lempar ini ke sana. Karena jujur saja, saya nggak kepikiran jika saya memakai salah satunya karena semua cerita yang sedang atau ingin saya tayangkan di platform menulis sudah ada kovernya semua. Mungkin aja ada author yang sedang butuh kover atau ingin mengganti kover lamanya, jadi semoga saja iseng-iseng ini bisa berguna. Saya pakai sistem 'siapa cepat dia dapat' dengan melihat waktu reply-nya. Dan, sesuai dugaan, kover ungu di kiri bawah jadi yang pertama diambil. Selanjutnya kover hitam dan kover raja-rajaan di kanan bawah.

Dua kover berikutnya, yang intertwined text (personal favorite I think?) dan stroberi diambil setelah saya menawarkan lagi untuk yang kedua kali. Eh, yang hijau reply paling terakhir di menfess pertama ding, tapi pengerjaan editnya berdekatan dengan yang stroberi, jadi saya anggap batch 2 saja hehe. Ini menyisakan kover kanan atas, yang pakai foto, dan waktu saya membuatnya saya terpikirkan kover-kover gaya photo manipulation sederhana yang biasanya diisi wajah idol, tapi di sini saya memilih model yang menghadap belakang. Dan ternyata sekarang kurang diminati, ya ^^" atau udah nggak usum? Lain kali mungkin saya akan bikin yang pakai ilustrasi sendiri seperti di Linger On (yang sudah dibukukan BTW, dengan kover warna hijau juga!).

Saya sampai kirim menfess dua kali untuk si sepia-beige aesthetic ini. Tapi alhamdulillah akhirnya ada yang mau haha. Dari enam kover ini, dua di antaranya masih draf dengan rencana tayang awal tahun depan. Sisanya, sudah bisa kamu kunjungi dan baca! 

Ini hasilnya setelah judul cerita dan nama penulisnya diedit:


Berikut tautan-tautannya, ya.






Saya sudah minta penulis Tentang Galaksi buat kabarin kalau ceritanya sudah tayang, jadi mungkin postingan ini akan di-update ketika tautannya sudah ada. Mereka semua juga sudah "membayar" dengan mencantumkan nama saya sebagai desainer.

Satu lagi sebelum berakhir:


Terima kasih banyak sudah mendukung Memoriografi mulai dari menambah views dan votes, merekomendasikan ke pembaca lain dengan membagikan tautan dan ulasannya, mewarnai tiap bab dengan line comment seru, dan ikut maklum dengan Orlin :') saya senang sekali, sungguh. Dan sangat bersyukur. Terima kasih sudah bersenang-senang bersama di Mekarjati bersama Arun dkk.

(Iya, ini baru Daftar Pendek, tapi rasanya mengejutkan kayak biskuit hot pink-turquoise rasa mint :D (ytta oke) (kalau mau tahu baca dulu ceritanya di sini wkwk))

Sampai ketemu di tulisan saya berikutnya. Yang baru berkunjung ke sini, selamat datang! Silakan lihat-lihat tapi kalau ada yang cringe abaikan aja, tandanya saat itu saya masih belum tahu apa-apa. Ya, semoga ketemunya sama postingan yang bermanfaat aja, ya—dan semoga ada :)))

Seandainya kover-kover di atas masih tersedia, kira-kira kamu mau pilih yang mana dan untuk judul cerita + nama pena + genre apa? Coba kasih tahu di kolom komentar!

No comments:

Post a Comment